web 2.0
Please enjoy your time :)

Thursday, January 21, 2010

Pertama di Dunia, Imigrasi & Garuda Luncurkan Imigration On Board

Denpasar - Kantor Imigrasi bekerjasama dengan Garuda Indonesia meluncurkan layanan pemberian visa on arrival di atas pesawat bagi pendatang asing yang berkunjung ke Indonesia. Layanan ini adalah pertama kalinya di dunia.

Peluncuran layanan bernama "Imigration On Board" itu dilakukan Dirut Garuda, Emirsyah Satar, di atas pesawat GA 881 yang terbang dari Tokyo menuju Bali, Kamis (21/1/2010).

Turut serta dalam peresmian tersebut Dirjen Imigrasi Mohammad Indra, Duta Besar Jepang untuk RI, Kojiro Shiojiri, dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Jusuf Anwar. Pesawat dengan penumpang 245 turis Jepang tersebut mendarat di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, sekitar pukul 17.45 WITA.

"Ini layanan pertama di dunia di atas pesawat. Ini sebagai upaya untuk memberikan layanan kepada penumpang," kata Emirsyah kepada wartawan.

Menurut Emirsyah, layanan visa di pesawat bertujuan mengurangi antrean yang panjang di imigrasi bandara. Kini, para pendatang asing tidak perlu mengantre dan dapat menghemat waktu sangat banyak.

Bagaimana proses Imigration On Board tersebut? Pertama, penumpang diminta membeli vocher pembayaran di konter check-in di Bandara Narita, Tokyo. Pemeriksaan paspor dan pemberian visa on arrival diberikan di atas pesawat oleh dua petugas imigrasi khusus yang terbang bersama penumpang.

Setelah mendapatkan visa arrival, petugas memberikan kartu khusus bagi penumpang. Kartu tersebut nantinya diserahkan ke petugas imigrasi di bandara kedatangan di Bali atau Jakarta.

"Penumpang juga menjadi lebih nyaman," ujar Emirsyah.

0 comments: